Cara Memakai Bit Torrent

Keterangan: Artikel ini merupakan tutorial buatan sendiri, tidak ada kaitannya dengan tulisan orang lain.

BitTorrentPernah mendengan istilah Bit Torrent? Bit Torrent atau torrent saja merupakan sistem downloading buatan Bram Cohen yang terkenal powerfull. Keterangan mengenai Bit Torrent bisa dilihat di artikel di Wikipedia di sini. Bagaimana proses kerjanya? Bit Torrent memiliki sistem yang berbeda dari software downloader atau peer-to-peer yang lian. Secara singkat, Bit Torrent membuat suatu client yang terhubung di internet menjadi sebuah server mini yang tidak hanya mendownload file, tapi juga menguploadnya ke client lain. Itulah rahasia mengapa sistem Bit Torrent terkenal powerfull dan jarang membuat server down, tidak lain karena Bit Torrent membagi beban yang diterima server utama ke server-server kecil pembantu.

Lalu pertanyaan yang paling mendasar, bagaimana kita bisa memanfaatkan sistem Bit Torrent? Apakah sama halnya dengan mendownload file biasa dengan menggunakan browser atau download manager seperti Internet Download Manager? Bukan, Bit Torrent memiliki prosedur pendownloadan yang bebeda. Inilah penjelasan secara singkatnya.

1. Mencari File .torrent

Hal yang pertama kita lakukan adalah mencari file .torrent. Apa itu .torrent? .torrent adalah file yang berisikan deskripsi paket yang kita download, berisikan informasi isi paket, lalu server utama yang menampung file, dan alamat-alamat server-server kecil yan ikut mendownload paket tersebut. File .torrent bisa dicari di situs pencarian khusus torrent, yang jumlahnya sangat banyak. Antara lain yang terkenal adalah The Pirate Bay dan Mininova. Namun saya punya situs pencari torrent favorit saya sendiri, yaitu Isohunt.com. Cara mendownload file . torrent di Isohunt.com adalah tinggal masukan kata kunci pencarian, lalu pilih salah satu hasil yang ditemuka, dan tinggal download. Tenang saja, file .torrent biasanya berukuran sangat kecil, sekitar 10-20 KB.

Screenshoot Isohunt.com:

isohunt

2. Instal Bit Torrent Client

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Bit Torrent berbeda dengan mendownload file normal. Bit Torrent membutuhan software khusus yang berfungsi mendownload paket Bit Torrent dari sebuat file .torrent. Lagi-lagi software jenis ini sangatlah banyak. Salah satu yang paling terkenal dan powerfull adalah uTorrent. Bit Torrent Client ini berukuran sangat kecil, sekitar 200 KB. uTorrent bisa didownload di situs resminya, dan gratis!

Screenshoot uTorrent:

general

3. Mulai Mendownload

Setelah selesai menginstal uTorrent, langsung saja mengklik ganda file .torrent yang telah Anda download, maka uTorrent akan langsung terbuka dan akan terlihat daftar paket yang ada di file .torrent itu. Langsung saja klik OK, maka paket-paket Bit Torrent akan langsung didownload.

Hanya itu saja, gampang kan?:)

Keuntungan Memakai Bit Torrent:

  1. Jika  file itu sedang banyak didownload oleh client lain, kecepatan yang didapat justru bertambah. Berkebalikan dengan sistem download konvensional.
  2. Jenis file yang tersedia sangat banyak. Dengan adanya situs pencari torrent, Anda bisa mencari hampir semua jenis file.
  3. Semua paket Bit Torrent bisa dengan mudah di-pause. Sehingga cocok untuk yang internetnya putus-nyala :p.
  4. Isi paket bisa dilihat dahulu, sehingga mencegah kita mendownload paket yang salah/kurang. Bahkan untuk beberapa jenis file bisa dipreview sehingga keaslian / kelengkapan paket Bit Torrent tersebut bisa diperiksa dahulu. Dalam 1 paket juga bisa dipilih file mana yang akan didownload atau tidak.

Kekurangan Menggunakan Bit Torrent:

  1. Lambat jika tidak ada yang mendownload paket itu. Contohnya paket-paket yang sudah lama diupload dan “aneh”, biasanya jarang ada yang mendownload, sehingga kecepatan downloadnya menurun.
  2. Beban upload juga ditanggung Anda. Selayaknya client yang lain, Anda juga terbebani untuk mengupload ke client lain. Walaupun Anda bisa menyetting agar Anda tidak perlu mengupload ke client, sistem Bit Torrent akan mendeteksi Anda dan justru akan menurunkan kecepatan download Anda.
  3. Terlalu banyak paket yang ada. Kadang untuk 1 kali pencarian bisa menghasilkan hasil yang sangat banyak. Untuk itu diperlukan ketelitian untuk mendapatkan .torrent yang paling lengkap dan berkecepatan tinggi.

Tips Menggunakan Bit Torrent:

  1. Cari file . torrent dengan seed paling banyak. Seed adalah client yang sedang mendownload file tersebut. Di Isohunt.com, dapat dilihat file .torrent yang memiliki seed paling banyak. Semakin banyak seed maka kecepatan akan semakin maksimal.
  2. Jangan ragu untuk mengubah setting Bit Torrent Client. Bit Torrent Client semisal uTorrent memiliki settingan yang bisa diatur sehingga kecepatan download bisa maksimal. Silakan cari lewat Google atau cari video tutorialnya di YouTube.

Demikian tutorial singkat dari saya, semoga berguna dan memudahkan Anda mendapatkan yang Anda butuhkan di jagad internet ini :).

About these ads

19 Comments

Filed under internet, komputer

19 responses to “Cara Memakai Bit Torrent

  1. anisthoha

    saya sudah coba bit torrent,,mau download iso open suse,udah dapet file torrentnya,,dah di add di bit torrent,uda di start tapi ga jalan2 kenapa ia??

    • ada beberapa kemungkinan mas.

      pertama, file torrentnya udah kadaluarsa, udah ngga ada yang download, sehingga susah didownload.
      solusinya, cari file torrent yang update, biasanya di situs resmi open suse ada opsi download lewat torrent, atau cari di isohunt, piratebay. cari yang seednya banyak.

      kedua, kecepatan internet mas terlalu pelan, jadi ngga kuat buat nge-download torrent itu.

      ketiga, ada kesalahan di bit torrent clientya, coba ganti sama yang lain, ex: azureus, bitcomet, dll.

      semoga membantu :).

  2. anisthoha

    ok..udah jalan nih mas..
    udah download iso win xp sp3 dan open suse..
    bandwidth?saya akses di ISP tmpat saya magang,, download speed 900 KB/s !!!hehehe

    mampir ke blog saya yg jelex…

    salam

  3. anisthoha

    sipp deh..mampir ke blog saya mas..

  4. dwi jalu

    mas, gimana ya caranya seed film yang udah kita download pake u torrent? soalnya sama kan member di avistaz.com trus saya disuruh melakukan seeding supaya bisa tetep download torrent. saat saya mau upload ternyata di blokir karena udah banyak yg di download. mohon, caranya gimana ya??? mohon pencerahannya.

    • Maaf baru bales nih…
      kemarin Q udah liat situsnya, n Q bisa ambil kesimpulan klo situs itu menuntut para membernya untuk seeding yang banyak. sehingga ratio bittorentnya bisa lebih dari 1. maksudnya, kalau ratio bittorent kita 1, maka jumlah data yang kita seeding sama dengan data yang kita download.
      Cara paling gampang, kamu tiap kamu selesai download, dibiarin aja mpe seeding sendiri, trus baru distop kalau rationya udah 1 ke atas.
      atau cari yang bebas syarat aja, ngga kalah banya koq.
      semoga membantu.

  5. mas numpang tanya ni,,saya udah download games memakai Bittorrent Client,,bagaimana sii caranya agar games tersebut terbaca d’Psp saya dan gimana sii caranya mengcopy file2 tersebut k’memory Psp saya,,mohon bantuannya..

  6. hendry

    cool explanation….!!!!

  7. Thanx infonya mas, baru tau nih.
    selama ini download sering download softawre yg di dapat malah file .torrent, bingung,, rupanya begini ceritanya,, :D

  8. jquery

    cara mensetting nya gman mas ???

  9. Terima kasih banyak, saya mengerti dan berhasil .. :P

  10. izhul

    makasih banyak mas infonya..
    blog mas nya membantu bgt..
    sempet bingung pertama kali mbuka file torrent..
    “kok g bisa d bukaaa” pikirku..
    hehehehe ^^

  11. moesfjar666

    mas,,,saya sudah download Bit torrent, bagaimana cara downlude pakai Bit torrent??….

  12. rifki mirfiza

    gan saya sudah download file nya tpi ko nggak kebaca sma utorrent ny ya
    ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s